Minggu, 31 Juli 2016

[Tutorial] Cara Hard Reset Android LG L60 Dual X147


Tutorial singkat kita kali ini adalah melakukan Hard Reset pada LG L60 Dual X147. Sekedar informasi saja bahwa jika anda melakukan Hard Reset maka anda akan kehilangan semua data yang tersimpan di dalamnya, Untuk itu sebaiknya anda melakukan back up semua data, terutama data penting. hal ini masih dapat anda lakukan jika Smartphone masih dalam keadaan bisa diakses menunya, lain cerita jika ini terjadi dalam keadaan Bootloop pada LG L60 Dual X147. Smartphone Android keluaran produsen asal korea LG yaitu LG L60 Dual X147 bekerja pada sistem android Kit kat, dan prosesor 1.3 GHz Dual Core Cortex-A7 sebagai mesin tempurnya.

Produk LG kali ini adalah LG L60 Dual X147, merup akan smartphone dengan layar LCD 4,3 inci Produk cantik dari salah satu produsen telekomunikasi dan elektronik terkenal asal Korea yaitu LG. LG L60 Dual X147 hadir dengan prosesor quad core buatan qualcom yang dikombinasikan dengan RAM 512 MB, membuatnya mampu menghadirkan kinerja yang cukup baik. Dukungan GPU Adreno 305 juga menjadi nilai plus, meskipun resolusi layar tergolong biasa saja. sementara itu kamera 5 MP juga sudah cukup baik untuk kebutuhan foto grafik yang wajar. namun jangan berharap pada kamera depan, karena yang digunakan adalah jenis VGA.

Nah, sekarang kita mencoba untuk bereksperimen dengan melakukan Hard Reset pada perangkat tersebut untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang kehebatan LG L60 Dual X147. Tetapi jika anda penasaran dan ingin lebih jauh mengenal LG L60 Dual X147, alangkah lebih bijak jika anda mengetahui spesifikasi dan kekurangan serta kelemahan smartphone tersebut.

Hard Reset Android LG L60 Dual X147
Hard Reset Android LG L60 Dual X147

Spesifikasi LG L60 Dual X147

  • Network GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 / 3G HSDPA 900 / 2100
  • Ukuran/Berat 127.5 x 67.9 x 11.9 mm / 145 g
  • Internal 4 GB storage, 512 MB RAM
  • Eksternal microSD, up to 32 GB
  • 3G HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps

Kelebihan LG L60 Dual X147

  • LG L60 Dual X147 mendukung jaringan 3G HSDPA sehingga dapat menghantarkan akses internet yang cepat hingga 21 Mbps di area 3G,
  • Terdapat fitur dengan GPRS dan EDGE untuk anda yang tidak dapat tercover jaringan 3G sehingga bisa tetap terhubung ke jaringan internet
  • Mempunyai dua buah slot gsm, Micro SIM.
  • Memiliki layar 4,5 inci. cukup nyaman untuk menavigasi menu dan menonton video
  • Dilengkapi dengan layar sentuh kapasitif yang dengan teknologi IPS LCD
  • LCD dilapisi pelindung kaca corning gorilla glass.
  • Internal memory 4 GB, umumnya sudah terpakai untuk menginstall aplikasi bawaan sehingga tersisa setengah
  • Tersedia eksternal jenis microSD, yang dapat di expand sampai 32 GB
  • Mempunyai Sistem operasi android kitkat versi 4.4.2
  • Tertanam prosesor quad core berkecepatan 1,3 ghz buatan qualcomm yaitu Qualcomm Snapdragon 400
  • Terdapat GPU andreno 305
  • Ram 1 GB, nyaman untuk kerja multi tasking
  • kamera digital utama berkekuatan 8 mp, dengan resolusi maksimum 3264 x 2448 pixels, dilengkapi dengan autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, panorama
  • Memiliki Kamera depan
  • Terdapat bluetooth versi 4
  • Fitur Navigasi menggunakan teknologi GPS (USA) dan GLONASS (Rusia)
  • Adanya fitur radio FM

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi dan meRecovery jika terjadi masalah pada LG L60 Dual X147 seperti hang/Not Responding/Malfungsi/Stuck/Freezing/brick

LG sudah memasukan beberapa aplikasi bawaan pabrik untuk membuat ponsel ini dapat bekerja dengan baik saat pertama kali digunakan. LG L60 Dual X147 menggunakan LG user interface versi 3.0. Kita dapat menambahkan aplikasi lain dari Google Play Store seperti Whatsapp, BBM, GARIS, Facebook, Path, Skype, Instagram dan masih banyak lagi. Tapi kita harus tahu bahwa beberapa aplikasi di Google Play Store juga tidak selalu kompatibel dengan LG L60 Dual X147, aplikasi tersebut dapat membuat ponsel kita menjadi masalah seperti hang atau stuck atau brick atau beku atau rusak. Kadang ponsel ini selalu booting hanya pada logo LG atau layar sentuh LCD tidak respon dengan sentuhan jari kita. Ketika ponsel ini mendapat maslah, maka kita harus memaksa soft r eset atau shutdown atau reboot untuk membersihkan file-file temporari dan cache. Jika masalah ini masih terjadi maka kita harus melakukan hard reset atau format ulang. Biasakan untuk selalu melakukan backup yang diperlukan sebelum melakukan hard reset, karena semua data dan aplikasi yang terinstal akan terhapus setelah melakukan hard reset.

Cara Memaksa Shutdown atau Memaksa Soft reset atau Reboot atau Restart LG L60 Dual X147


Ketika smartphone LG L60 Dual X147 kita mendapatkan trouble ditengah-tengah menjalankan sebuah aplikasi, kadang-kadang dapat mengakibatkan hang atau stuck dimana hal ini membuat LCD Touch Screen menjadi tidak responsiv terhadap sentuhan jari kita. pada saat kejadian ini, kita harus melakukan shutdown/restrat secara paksa, untuk membersihkan cache dan file temprari. cara yang paling mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan melepas bater y dengan cara membuka casing bagian belakang, dan tunggu kira-kira 5 detik baru memasang kembali. Kemudian dapat kita nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power yang terletak bagian dibelakang, karena posisi dari tombol power pada LG L60 Dual X147 berada pada bagian belakang dibwah kamera utama.Melakukan soft reset adalah aman dan dapat anda lakukan kapan saja, karena pada prinsipnya melakukan soft reset hanya membuang file cache atau temporari pada sistem android saja, sedangkan semua data penting kita akan tersimpan dengan aman pada tempatnya.

Cara lain melakukan soft reset adalah dengan cara menekan dan menahan tombol power beberapa detik hingga muncul Pop Up menu, setelah itu silahkan anda pilih Power Off/Reboot/Restart Menu.

Hard Reset LG L60 Dual X147 menggunakan Menu

  1. Aktifkan/ON-kan LG L60 Dual X147
  2. Pastikan Batery terisi sumber daya yang cukup
  3. Backup semua data penting yang tersimpan di LG L60 Dual X147, karena semua data dan aplikasi akan terhapus semuanya.
  4. Pergi ke menu : Setting > Backup and Reset > Factory Data Reset
  5. Pilih : Reset Device > Delete all

  6. LG L60 Dual X147 akan melakukan proses master reset.

    Hard Reset LG L60 Dual X147 Factory Default menggunakan Tombol Kunci Rahasia Pada Hardware


    Pada kondisi tertentu, kita tidak dapat melakukan apa-apa pada L60 Dual X147, semua keadaan tidak mungkin dapat digunakan untuk mengakse s sistem android, sehingga kita tidak mungkin melakukan metode reset pada nomor 1 diatas, Untuk itu kita gunakan tombol kunci rahasia yang tersedia pada Smartphone L60 Dual X147, Caranya adalah sebagai berikut;
    1. Matikan atau OFF-kan L60 Dual X147
    2. Pastikan Baterai L60 Dual X147 terisi penuh, paling tidak minimal 50%
    3. Tekan dan tahan secara bersamaan Tombol Power + Tombol Volume Down.

      Hard Reset Android LG L60 Dual X147
      Hard Reset Android LG L60 Dual X147
    4. Jika Logo LG muncul, lepaskanlah tombol power, dan lanjutkan dengan cepat untuk menekan dan menahan kembali tombol power.
    5. Saat anda melihat FACTORY HARD RESET muncul pada LCD, Saat itu lepaskanlah tombol power
    6. Tekan tombol power untuk melanjutkan Factory Reset atau tekan tombol lainya untuk membatalkan.
    7. Jika diminta, tekanla h kembali tombol Power untuk confirm
    8. LG L60 Dual X147 akan melanjutkan master reset, tunggu beberapa saat sampai smartphone start seperti dalam keadaan baru dari pabrik.

    Demikian penjelasan singkat tentang, Cara Mudah Hard Reset Android LG L60 Dual X147,

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!